Levitt, Theodore,
1980. The Marketing Mode, York : Mc Graw-Hill, menarik suatu kontras
perspektif :
Konsep Penjualan menfokuskan pada kebutuhan penjual. Karena itu penjualansibuk dengan kebutuhan penjual untuk mengubah produk/jasanya menjadi cashatau uang kontan.
Konsep Penjualan menfokuskan pada kebutuhan penjual. Karena itu penjualansibuk dengan kebutuhan penjual untuk mengubah produk/jasanya menjadi cashatau uang kontan.
Meski
sama-sama berusaha meningkatkan penjualan konsep ini lebih mengedepankan
produk. Maksudnya, produk kita buat sebaik-baiknya lalu kita baru pikirkan
bagaimana cara menjualnya biar laris manis. Ingat yang dikedepankan adalah produk.
Konsep
Pemasaran memfokuskan pada kebutuhan pembeli.
Karena itu pemasaransibuk dengan pemikiran memuaskan
kebutuhan pelanggan melalui produk dan keseluruhan barang yang
berhubungan dengan penciptaan, pengantaran, dan akhirnya
pengkonsumsiannya.
Konsep
ini mengedepankan permintaan pasar. Maksudnya, kita cari tahu dulu apa yang
diinginkan oleh pasar, baru setelah diketahui kita buat produk yang disukai
pasar tersebut.Dalam
konsep ini tuntutan pasar yang didahulukan dan produk adalah hasil dari survey
pasar tadi.
Bagan Perbedaan Konsep Penjualan dan Konsep Pemasaran
Penjualan
|
Pemasaran
|
1.
Fokus pada
kebutuhan penjual
2.
tekanan pada produk
3.
perusahaan pertama-tama membuat produk dan kemudian
mereka-reka bagaimana menjualnya.
4.
manajemen berorientasi ke volume penjualan.
5.
perencanaan berorientasi
|
1.
Fokus pada
kebutuhan pembeli
2.
tekanan pada keinginan konsumen
3.
perusahaan pertama-tama menentukan apa yang
diinginkan konsumen dan kemudian mereka-reka bagaimana membuat dan
menyerahkan produknya untuk memenuhi keinginan itu.
4.
manajemen berorientasi ke laba usaha.
5.
perencanaan berorientasi ke hasil jangka panjang,
berdasarkan produk-produk baru, pasar hari esok, dan pertumbuhan yang akan
datang.
|
Secara visual dapat digambar kan:
a. Konsep penjualan
Produk->Penjualan dan Promosi->Laba Melalui Jumlah penjualan
a. Konsep penjualan
Produk->Penjualan dan Promosi->Laba Melalui Jumlah penjualan
b. Konsep pemasaran
Kebutuhan -> pemasaran terpadu ->laba melalui jumlah Kepuasan pembeli
Konsep yang
mana yang lebih unggul? Keduanya memiliki keunggulan tapi konsep pemasaranlah
yang lebih flexible. Konsep penjualan lebih kaku dalam hal ini karena belum
tentu produk yang kita hasilkan disukai oleh pasar. Apalagi dalam konsep
pemasaran juga bisa disisipkan konsep penjualan tapi diikuti inovasi agar
sesuai selera pasar. Konsep pemasaran yang saat ini banyak dipraktekkan oleh
banyak perusahaan, itulah sebabnya seringkali sebelum memproduksi massal sebuah
produk baru perusahaan sering membuat sample yang dibagikan gratis untuk
menguji reaksi dan tanggapan pasar.
SIKLUS
KEHIDUPAN PRODUK (Product Life Cyles)
Jenis produk dalam satu kurun waktu tertentu
pemasarannya akan mengalami perubahan dari tidak dikenal menjadi banyak
konsumen yang membutuhkannya. Tetapi karena faktor persaingan, adanya produk
pengganti dan kebosanan, mengakibatkan konsumen semakin berkurang.
Secara garis besar ciri-ciri perkembangan pasar dan
pemasaran pada setiap kehidupan produk ialah :

·
Tahap pengenalan ; dimulai dengan memperkenalkan suatu
jenis barang/jasa baru. Biasanya pihak produsen ataupun pemasar produk
melakukan berbagai promosi.
·
Tahap pertumbuhan ; dimulai setelah tahap pengenalan
berjalan lancar karena banyak konsumen menyukainya maka penjualan pun akan
meningkat.
·
Tahap kejenuhan ; yaitu saat banyak perusahaan
menghasilkan produk yang sama, persaingan tajam, keuntungan yang diperoleh
menurun, mungkin rugi.
·
Tahap penurunan; karena persaingan semakin tajam,
jumlah permintaan tidak berkembang bahkan menurun
Tahap-tahap seperti ini sangat wajar, akan tetapi itu
bisa diatasi supaya produk terus bertahan dan diterima oleh masyarakat dengan
memodifikasi dari berbagai aspek contoh dari komposisinya, jenisnya, disain,
pengemasan, dan melakukan promosi lagi.
Beberapa penyebab produk memiliki siklus hidup adalah:
1. Produk memiliki umur terbatas
2. Penjualan produk melewati tahap-tahap yang
berbeda, dengan tantangan yang berbeda bagi penjual.
3. Laba naik turun pada tahap yang berbeda dalam
siklus hidup produk
4. Produk membutuhkan strategi pemasaran, keuangan,
produksi, pembelian dan personel yang berbeda dalam tiap tahap siklus hidup
produk.
Nice blog
BalasHapus